Selasa, 14 Mei 2013

BAB 3 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)

0
01.10
Pendahuluan

Perdagangan elektronik atau biasa disebut juga dengan e-commerce,adalah penggunaan jaringan komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan internet dan komputer dengan browser web untuk membeli dan menjual produk. Meskipun pandangan ini tidak salah, E-commerce bukan hanyaberarti sebatas itu saja, karena sebagian  besar e-commerce terjadi antarbisnis, dan bukan antara bisnis dengan konsumen.
Kalangan bisnis telah mempertukarkan data secara elektronik selama bertahun-tahun sebagai upaya membuat operasi berjalan dengan efisien dengan menggunakan jalur komunikasi yang sering kali disewa dari perusahaan telepon dan peranti komunikasi khusus untuk memfasilitasi perpindahan data antarkomputer-komputer bisnis.
Meskipun e-commerce saat ini dianggap sebagai salag satu jenis perdagangan yang berbeda, tidak lama lagi, hal ini akan berubah dimana nantinya e-commerce hanya akan menjadi salah satu transaksi bisnis sehari-hari yang biasa.

PERDAGANGAN ELEKTRONIK
Beberapa orang mendefinisikan perdagangan elektronik atau e-commerce denganartian yang sempit. Definisi  sempit ini misalnya seperti transaksi bisnis elektronik. Dengan pandangan ini,istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik adalah hal yang sama. Disini, kita akan melihat e-commerce dalam artian luas, dimana e-commerce adalah suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan,sistem berbasis komputer,dan antarmuka (interface) sebuah browser.Web akan memenuhi persyaratan sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
          
E-commerce di Luar Batas Perusahaan
Terdapat 2 jenis e-commerce yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. Kedua jenis itu adalah E-commerce bisnis-ke-konsumen (business-to-consumer—B2C), yang mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan konsumen akhir suatu produk dan E-commerce bisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B) yang mengarah pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi konsumen akhir dalam transaksi ini. Perbedaan ini digabungkan sehingga situs B2B memiliki waktu download yang cepat, instruksi untuk navigasi situs, kereta belanja yang dapat diisi dan dikurangi sebelum pembelian aktual,dan metode untuk menyimpan profil pengguna (alamat,nomor,kartu kredit,dan semacamnya).

Manfaat-manfaat yang  Diharapkan dari E-commerce
Perusahaan melaksanakan e-commerce agar mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Tiga manfaat utama yang dihasilkan dari perbaikan tersebut misalnya adalah:
Ä    Perbaikan layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah penjualan,
Ä    Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunikasi keuangan,
Ä    Peningkatan imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan investasi pemilik.

Kendala-kendala E-commerce
3 kendala dalam pelaksanaan E-commerce adalah sebagai berikut :
-                      Biaya yang tinggi,
-                      Kekhawatiran akan masalah keamanan
-                      Perantu lunak yang belum mapan atau belum tersedia.

Ruang Lingkup E-commerce
E-commerce memiliki sifat yang dinamis dengan ruang lingkup pengaruh yang dapat berubah dalam waktu yang cukup singkat (hanya beberapa bulan). E-commerce menyumbang hampir $1,7 triliun untuk aktifitas perekonomian di AS selama 2003.
E-commerce memiliki arti penting bagi khususnya beberapa segmen tertentu pada perekonomian AS karena mmemang menyumbangkan presentase dolar penjualan dalam jumlah besar dalam segmen-segmen tersebut.

Jalan Menuju E-commerce
Rencana strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Untuk itu, perusahaan pertama-tama harus memiliki kecerdasan bisni, sehingga perusahaan tersebut dapat memahami peranan potensial yang akan dimainkan oleh  masing-masing unsur lingkungan.

INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)

Inteligensi bisnis (business intelligence—BI) adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur didalam lingkungannya yang berinteraksi dengan perusahaan.

Basis Data Eksternal
Karena perusahaan tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri, Cukup banyak Perusahaan yang menggunakan basis data komersial untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber informasi. basis data komersial ini misalnya LEXIS-LEXIS yang memberikan informasi hukum, keuangan dan pemerintah dari berbagai macam sumber, ada juga DIALOG yang meliputi berita,, bisnis pemerintah dan sumber-sumber lain atau DOWJONES.COM yang menawarkan berbagai macam jenis informasi mengenai masalah keuangan.
Basis data pemerintah juga merupakan sumber informasi penting lainnya. Pemerintah pusat dan banyak pemerintah daerah mendapat mandat untuk menyediakan informasi publik melalui internet.

Mesin Pencari
Mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang menayakan suatu kata atau kelompok kata pada pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari isi situs-situs web di internet untuk melihat apakah kata-kata tersebut terdapat di situs web tersebut. Contohnya seperti yang kita kenal baik, Google (
www.google.com), yahoo!(www.yahoo.com), excite (www.excite.com), alta vista (www.altavista.com), MSN (www.msn.com), dan askjeeves (www.askjeeves.com).
Lagkah pertama mnuju pencapaian E-commerce adalah mendapatkan pemahaman mengenai lingkungan dimana perdagangan bisa dilaksanakan. Sebagian besar kecerdasan ini dapat dikumpulkan dengan cara nonkomputer seperti melalui survey, percakapan informal surat kabar, dan artikel-artikel makalah perdagangan dsb. Akan tetapi, basis data komputer menjadikan pemindaian volume informasi dalam jumlah besar menjadi mungkin untuk dilakukan  dengan cepat, mudah dan menyeluruh.

STRATEGI E-COMMERCE DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
Masalah dalam menentukan strategi E-commerce yang terbaik memiliki beberapa kemungkinan solusi. Namun Strategi yang paling sering disebut-sebut adalah strategi dimana unsur-unsur  yang ada dikaitkan dengan transmisi data elektronik. Istilah yang seringkali dipergunakan untuk IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari Electronic Data Interchange (pertukaran data elektronik), yaitu subkumpulan dari suatu sistem interorganisasional.

SISTEM INTERORGANISASIONAL
Kita telah mengetahui bagaimana perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan perusahaan lain untuk menciptakan Sistem interorganisasional (interorganizational sistem—IOS) sehingga semua perusahaan dapat bekerja bersama sebagai suatu unit yang terkoordinasi,meraih manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Yang berpartisipasi disebut sekutu dagang,sekutu bisnis,atau aliansi bisnis.
Dalam sistem interorganisasional, tanpa jaringan komunikasi dan kemampuan pemrosesan komputer, organisasi akan menjadi sebuah pulau produksi maya dengan sedikit kemampuan yang di pergunakan untuk jasa dan produk yang menciptakan vitalitasnya bagi perusahaan. E-commerce dan EDI adalah jalan bebas hambatan bagi sistem tersebut.

Manfaat IOS 
Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan harapan akan dapat merealisasikan 2 manfaat penting: efesiensi komparatif dan kekuatan penawaran. EFISIENSI KOMPARATIF Dengan bergabung dalam IOS,para sekutu dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tinggkat efesiensi yang lebih tinggi dan, selanjutnya, memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih rendah kepada para pelanggannya.
- Efesiensi internal terdiri atas perbaikan dalam operasi-operasi perusahaan itu sendiri,sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan dan menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan cara yang lebih cepat lagi.
- Efisiensi interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.

KEKUATAN PENAWARAN adalah kemampuan sebuah perusahaan untuk menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya semi keuntungan perusahaan itu sendiri.

EDI
EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi (yang kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur itu sendiri, disebut sebagai jaringan bernilai tambah(value added network—VAN). Vendor yang memberikan VAN  juga memberikan keahlian yang berhubungan dengan jalur.
EDI adalah implementasi dominan dari suatu IOS. Lebih dari dua pertiga E-commerce dilaksanakan dengan menggunaan EDI, jika dibandingkan dengan alternatif-alternatif lainnya.

Ekstranet
Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitive denga perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya di hubungkan dengan internet. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat per hatian yang serius, sehingga ekstranet biasanya diamankan di balik suatu firewall.
Biasa peralatan untuk membuat EDI bisa menjadi lebih besar daripada yang perusahaan bersedia untuk membayarkan. Bagi perusahaan yang menginginkan biaya rendah dan masih memiliki kecepatan internet, ekstranet dapat menjadi solusi yang tepat.

Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif dan Reaktif
Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalam cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi didalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespons dengan cara yang reaktif,menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Biasanya, produsen mengambil pendekatan proaktif, dan para pemasoknya dipaksa untuk bereaksi dengan menerapkan sistem EDI atau kehilangan pelanggan.

Pengaruh Penerapan
Pada suatu artikel Decision Sciences dua profesor SIM G.Premkumar dan K.Ramamurthy mempelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan suatu IOS. Mereka mengidentifikasikan empat faktor yang menetukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.

 Manfaat-manfaat Tidak Langsung IOS
Misalnya adalah:
-          Mengurangi kesalahan
-          Menurunkan biaya
-          Meningkatnya efisiensi operasional
-          Meningkatnya kkemampuan bersaing
-          Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang
-          Memperbaiki layanan pelanggan.

STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai uang e-commerce B2B membuat nilai uang e-commerce B2B terlihat begituh kecil. Hanya sekitar 6 persen dari nilai e-commerce dihasilkan oleh B2B. Jadi,mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2B menjadi begituh penting ?
2 alasan adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan Web. Kecepatan komunikas yang lebih cepat bagi komputer-komputer rumahan juga telah membuat pengiriman produk-produk digital menjadi lebih praktis.

Produk-produk Digital
Beberapa produk dan jasa tertentu dapat dikirimkan kepada pelanggan melalui internet. Dunia hiburan pun telaah menjdai salah satu produk awal yang  mengambik manfaat dari internet. Lagu, album, fikm dan produk serupa dapat di beli di situs-situs web seperti Sony.(www.sony.com), atau Lending tree (www.lendingtree.com) yang memingkinkan para pengguna mendapatkan hipotek dan melakukan pendanaan kembali rumah mereka melalui internet.
Suatu perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital dengan produk-produk fisik melalui fisik melalui Web adalah bahwa produk digital dapat digunakan begitu selesai di-download. Perbedaan lainnya adalah bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke aset  pembelinya.

 Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui Web; sebagai gantinya,harus dikirimkan ke pelanggan perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan “catalog” telah menghadapi masalah ini selama bertahun-tahu. pesanan penjualan dapat diambil alih oleh Web, tapi pengiriman tetap harus dilakukan.
.
Penjualan Maya Versus Campuran
Penjualan maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik.  Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi ketika perusahaan memiliki  tempat berjualan secara fisik dan situs Web dimana pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini perlu menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran pelanggan dan menghasilkan pengiriman produk.

Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce. Satu contohnya adalah Polk Country di Florida. Kantor Pajak Polk County menggunakan layanan online melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005.

LANGKAH E-COMMERCE BERIKUTNYA
Tantangan bagi e-commerce lebih dari sekedar jenis barang yang ditawarkan; dimana hal itu adalah teknologi di balik perdagangan.

Perdagangan bergerak
Perdagangan bergerak (mobile commerce atau m-commerce) adalah penggunaan telepon seluler dan asisten digital pribadi (personal digital assistant—PDA) untuk melakukan e-commerce nirkabel. Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler dari generasi analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi ketiga (third generation—3G) telah secara longgar dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data.

Nirkabel Berkelas Bisnis di Semuah Tempat
Hot spot Internet nirkabel cukup memadai untuk penggunaan Web umum maupun pribadi, namun memeriksa e-mail di sebuah kedai kopi Strabucks adalah suatu cara yang kurang memadai bagi profesional bisnis. Hot spot biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi kabel (untuk kecepatan komunikasinya yang tinggi) dan kemudian dipancarkan melalui sebuah poin akses nirkabel ke suatu wilayah yang kurang lebih berjarak 100 meter dari poin akses tersebut. Komunikasi nirkabel yang kecepatannya cukup memadai melalui penyedia jasa komunikasi yang sama dengan telepon selular akan memungkinkan terciptanya komputasi nirkabel berkelas bisnis hampir di semua tempat.

MENGGUNAKAN INTERNET
Awal mula Internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET. ARPANET menunjukkan bahwa pemerintahan dan penerimaan data oleh seseorang melalui suatu jaringan yang kompleks yang melibatkan banyak komputer dan koneksi jaringan adalah suatu hal yang memungkinkan untuk dilakukan.

World Wide Web
Ide ini menjadi kenyataan pada pertengahan tahun 1992 dalam bentuk  World Wide Web. Ia juga memungkinkan  dikirimkannya hypermedia—multimedia yang terdiri atas teks,grafik audio,dan video—melalui World Wide Web. World Wide Web,yang disebut pula sebagai Web dan WWW,adalah informasi yang dapat diakses melalui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia (file-file komputer)disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang menggunakan metode penentuan alamat yang unik. Istilah internet da world Wide Web sering kali digunakan layaknya keduanya memiliki arti yang sama.

CYBERSPACE DAN SUPERHINGHWAY INFORMASI
Dua istilah lain yang juga dikaikan dengan Internet dan Web— cyberspace dan superbigbway (jalan bebas hambatan super)informasi. Istilah cyberspace diperkenalkan ketika penulisan William Gibson menggunakan dalm bukunya Neuromancer menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi. Kini ,cyberspace berarti dunia Internet dan World Wide Web. Istilah superhinghway informasi digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada suatu kesepakatan penih mengenai dampak akhirnya pada masyarakat.

Standar Internet
Salah satu alasan utama mengapa Internet dan Web telah diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna komputer diseluruh dunia adalah karena keduanya bekerja sama sebagai suatu sistem tunggal yang dapat digunakan dari platform komputer  apa pun. Sistem  Internet secara komersial dan telah  mendelegasikan tanggung jawab mengenai standar-standar Internet kepada Internet Engineering task force — IETF.

APLIKASI BISNIS INTERNET
Internet dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk komunikasi didalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Berbeda dengan jaringan standar, internet dapat digunakan oleh semua jenis platform komputer tanpa harus melakukan upaya khusus.
Pertumbuhan jumlah situs interney yang fenomenal sekarang ini menjadikan internet sebagai sumber informasi yag tidak dapat diabaikan. Semua area perusahaan dapat menggunakan internet, tetapi suatu area yang penting adalah manajemen rantai pasokan.

E-commerce  dan Manajemen Rantai Pasokan Rumah Sakit
Perawat kesehatan terutama berhubungan dengan perbaikan kesehatan akhir pasien dan melayani kebutuhan pasien. Setiap dolar perawatan kesehatan yang dikeluarkan untuk memesan persediaan medis dan berinteraksi dengan vendor adalah dolar yang tidak akan dikeluarkan untuk perawatan pasien secara langsung.

Aplikasi Ritel
Aplikasi bisnis Web yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian besar rantai ritel besar telah hadir di Web. Banyak peritel yang membuat home page mereka yang dapat secara langsung diakses melalui Web. Beberapa yang lainnya memilih untuk bergabung dengan toko-toko lain di suatu situs gabungan yang di sebut mal maya (Virtual mall) dengan harapan bahwa satu nama mal akan lebih mudah dikenali dan ditemukan daripada nama toko mereka masing-masing.

SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
Meskipun Web masih berusia relatif muda, perusahaan-perusahaan telah mengidentifikasikan beberapa kunci untuk keberhasilan.  Hal itu adalah sebagai berikut:
-          Pastikan situs web anda kuat
-          Pastikan browser dan struktur basis data anda fleksibel maupun intuitif
-          Menekankan pada isi
-          Sering diperbarui
-          Melihat di luar pelanggan
-          Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna
-          Menjadikan interneet intuitif
-          Berada di lokasi web yang tepat
-          Ciptakan rasa kebersamaan
-          Carilah bantuan jika dibutuhkan

DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA MENDATANG
Para pengguna Internet adalah suatu kelompok yang beragam. Banyak yang masih berusia muda, namun yang berusia lebih tua  (dengan lebih banyak penghasilan untuk kebelanjakan) memiliki dampak yang substansial pada ramalan ekonomi e-commerce.
e-commerce sedang mengalami perkembangan baik itu di AS maupun seluruh dunia. Jumlah e-commerce yang luar biasa terjadi antar bisnis. E-commerce B2B memang nampaknya tidak berdampak  pada pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah dan laayanan pelanggan yang lebih baik menjadi mungkin terjadi dan inilah hal yang membuat organisasi bisnis menjadi kompetitif.

sumber: Sistem Informasi Manajemen Raymond McLeod edisi 10


About the author

Donec non enim in turpis pulvinar facilisis. Ut felis. Praesent dapibus, neque id cursus faucibus. Aenean fermentum, eget tincidunt.

0 komentar: