BAB 3 MENGGUNAKAN TEKNOLOGI INFORMASI DALAM MENJALANKAN PERDAGANGAN ELEKTRONIK (E-COMMERCE)
0
Pendahuluan
Perdagangan elektronik atau biasa disebut juga dengan e-commerce,adalah penggunaan jaringan
komunikasi dan komputer untuk melaksanakan proses bisnis. Pandangan populer dari e-commerce adalah penggunaan
internet dan komputer dengan browser web
untuk membeli dan menjual produk. Meskipun pandangan ini tidak salah, E-commerce bukan hanyaberarti sebatas
itu saja, karena sebagian besar e-commerce terjadi antarbisnis, dan
bukan antara bisnis dengan konsumen.
Kalangan bisnis telah mempertukarkan data secara elektronik
selama bertahun-tahun sebagai upaya membuat operasi berjalan dengan efisien
dengan menggunakan jalur komunikasi yang sering kali disewa dari perusahaan
telepon dan peranti komunikasi khusus untuk memfasilitasi perpindahan data
antarkomputer-komputer bisnis.
Meskipun e-commerce
saat ini dianggap sebagai salag satu jenis perdagangan yang berbeda, tidak lama
lagi, hal ini akan berubah dimana nantinya e-commerce
hanya akan menjadi salah satu transaksi bisnis sehari-hari yang biasa.
PERDAGANGAN
ELEKTRONIK
Beberapa orang mendefinisikan perdagangan elektronik atau e-commerce denganartian yang sempit.
Definisi sempit ini misalnya seperti transaksi bisnis elektronik. Dengan
pandangan ini,istilah bisnis elektronik dan perdagangan elektronik adalah hal
yang sama. Disini, kita akan melihat e-commerce
dalam artian luas, dimana e-commerce adalah
suatu transaksi bisnis yang menggunakan akses jaringan,sistem berbasis
komputer,dan antarmuka (interface) sebuah browser.Web akan memenuhi persyaratan
sebagai perdagangan elektronik (e-commerce).
E-commerce di Luar Batas Perusahaan
Terdapat 2 jenis e-commerce
yang terjadi dengan entitas di luar batas perusahaan. Kedua jenis itu adalah E-commerce
bisnis-ke-konsumen (business-to-consumer—B2C),
yang mengacu pada transaksi-transaksi yang terjadi antara sebuah bisnis dan
konsumen akhir suatu produk dan E-commerce
bisnis-ke-bisnis (business-to-business—B2B)
yang mengarah pada transaksi antarbisnis dimana tidak ada pihak yang menjadi
konsumen akhir dalam transaksi ini. Perbedaan ini digabungkan sehingga situs
B2B memiliki waktu download yang cepat, instruksi untuk navigasi situs, kereta
belanja yang dapat diisi dan dikurangi sebelum pembelian aktual,dan metode
untuk menyimpan profil pengguna (alamat,nomor,kartu kredit,dan semacamnya).
Manfaat-manfaat yang Diharapkan dari E-commerce
Perusahaan melaksanakan e-commerce
agar mencapai perbaikan organisasi secara keseluruhan. Tiga manfaat utama yang
dihasilkan dari perbaikan tersebut misalnya adalah:
Ä
Perbaikan layanan pelanggan sebelum,selama,dan setelah
penjualan,
Ä
Perbaikan hubungan dengan pemasok dan komunikasi keuangan,
Ä
Peningkatan imbal balik ekonomis atas pemegang saham dan
investasi pemilik.
Kendala-kendala E-commerce
3 kendala dalam pelaksanaan E-commerce adalah sebagai berikut :
-
Biaya yang tinggi,
-
Kekhawatiran akan masalah keamanan
-
Perantu lunak yang belum mapan atau belum tersedia.
Ruang Lingkup E-commerce
E-commerce memiliki
sifat yang dinamis dengan ruang lingkup pengaruh yang dapat berubah dalam waktu
yang cukup singkat (hanya beberapa bulan). E-commerce
menyumbang hampir $1,7 triliun
untuk aktifitas perekonomian di AS selama 2003.
E-commerce memiliki
arti penting bagi khususnya beberapa segmen tertentu pada perekonomian AS
karena mmemang menyumbangkan presentase dolar penjualan dalam jumlah besar
dalam segmen-segmen tersebut.
Jalan Menuju E-commerce
Rencana strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Untuk itu, perusahaan pertama-tama harus memiliki kecerdasan bisni, sehingga perusahaan tersebut dapat memahami peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
Jalan Menuju E-commerce
Rencana strategis akan membakukan komitmen untuk menggunakan e-commerce guna meraih keunggulan kompetitif. Untuk itu, perusahaan pertama-tama harus memiliki kecerdasan bisni, sehingga perusahaan tersebut dapat memahami peranan potensial yang akan dimainkan oleh masing-masing unsur lingkungan.
INTELIGENSI BISNIS (BUSINESS INTELLIGENCE)
Inteligensi bisnis (business
intelligence—BI) adalah aktivitas pengumpulan informasi mengenai unsur-unsur
didalam lingkungannya yang berinteraksi dengan perusahaan.
Basis Data Eksternal
Karena perusahaan tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri, Cukup banyak Perusahaan yang menggunakan basis data komersial untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber informasi. basis data komersial ini misalnya LEXIS-LEXIS yang memberikan informasi hukum, keuangan dan pemerintah dari berbagai macam sumber, ada juga DIALOG yang meliputi berita,, bisnis pemerintah dan sumber-sumber lain atau DOWJONES.COM yang menawarkan berbagai macam jenis informasi mengenai masalah keuangan.
Basis Data Eksternal
Karena perusahaan tidak harus mengumpulkan informasi lingkungannya sendiri, Cukup banyak Perusahaan yang menggunakan basis data komersial untuk mendapatkan kecerdasan bisnis karena ia lebih cepat dan lebih murah dari pada meneliti beragam jenis sumber informasi. basis data komersial ini misalnya LEXIS-LEXIS yang memberikan informasi hukum, keuangan dan pemerintah dari berbagai macam sumber, ada juga DIALOG yang meliputi berita,, bisnis pemerintah dan sumber-sumber lain atau DOWJONES.COM yang menawarkan berbagai macam jenis informasi mengenai masalah keuangan.
Basis data pemerintah juga merupakan sumber informasi
penting lainnya. Pemerintah pusat dan banyak pemerintah daerah mendapat mandat
untuk menyediakan informasi publik melalui internet.
Mesin Pencari
Mesin pencari (search engine) adalah suatu program komputer khusus yang menayakan suatu kata atau kelompok kata pada pengguna untuk dicari. Program ini kemudian mencari isi situs-situs web di internet untuk melihat apakah kata-kata tersebut terdapat di situs web tersebut. Contohnya seperti yang kita kenal baik, Google (www.google.com), yahoo!(www.yahoo.com), excite (www.excite.com), alta vista (www.altavista.com), MSN (www.msn.com), dan askjeeves (www.askjeeves.com).
Lagkah pertama mnuju pencapaian E-commerce adalah mendapatkan pemahaman mengenai lingkungan dimana
perdagangan bisa dilaksanakan. Sebagian besar kecerdasan ini dapat dikumpulkan
dengan cara nonkomputer seperti melalui survey, percakapan informal surat
kabar, dan artikel-artikel makalah perdagangan dsb. Akan tetapi, basis data
komputer menjadikan pemindaian volume informasi dalam jumlah besar menjadi
mungkin untuk dilakukan dengan cepat,
mudah dan menyeluruh.
STRATEGI E-COMMERCE
DAN SISTEM INTERORGANISASIONAL
Masalah
dalam menentukan strategi E-commerce yang
terbaik memiliki beberapa kemungkinan solusi. Namun Strategi yang paling sering
disebut-sebut adalah strategi dimana unsur-unsur yang ada dikaitkan
dengan transmisi data elektronik. Istilah yang seringkali dipergunakan untuk
IOS adalah EDI, yang merupakan singkatan dari Electronic Data Interchange (pertukaran data elektronik), yaitu
subkumpulan dari suatu sistem interorganisasional.
SISTEM INTERORGANISASIONAL
Kita
telah mengetahui bagaimana perusahaan dapat membuat hubungan elektronik dengan
perusahaan lain untuk menciptakan Sistem interorganisasional (interorganizational sistem—IOS) sehingga
semua perusahaan dapat bekerja bersama sebagai suatu unit yang terkoordinasi,meraih
manfaat yang tidak dapat diraih sendiri oleh setiap perusahaan. Yang
berpartisipasi disebut sekutu dagang,sekutu bisnis,atau aliansi bisnis.
Dalam
sistem interorganisasional, tanpa jaringan komunikasi dan kemampuan pemrosesan
komputer, organisasi akan menjadi sebuah pulau produksi maya dengan sedikit
kemampuan yang di pergunakan untuk jasa dan produk yang menciptakan
vitalitasnya bagi perusahaan. E-commerce dan
EDI adalah jalan bebas hambatan bagi sistem tersebut.
Manfaat IOS
Sekutu dagang dapat memasuki suatu kerja sama IOS dengan
harapan akan dapat merealisasikan 2 manfaat penting: efesiensi komparatif dan
kekuatan penawaran. EFISIENSI KOMPARATIF Dengan bergabung dalam IOS,para sekutu
dagang dapat memproduksi barang dan jasa dengan tinggkat efesiensi yang lebih
tinggi dan, selanjutnya, memberikan barang dan jasa dengan biaya yang lebih
rendah kepada para pelanggannya.
- Efesiensi internal terdiri atas perbaikan dalam
operasi-operasi perusahaan itu sendiri,sehingga memungkinkan perusahaan mengumpulkan
dan menganalisis data dengan cepat dan mengambil keputusan dengan cara yang
lebih cepat lagi.
- Efisiensi interorganisasional meliputi perbaikan-perbaikan
yang diperoleh melalui kerja sama dengan perusahaan-perusahaan lain.
KEKUATAN PENAWARAN adalah kemampuan sebuah perusahaan untuk
menyelesaikan perselisihan dengan para pemasok dan pelanggannya semi keuntungan
perusahaan itu sendiri.
EDI
EDI terdiri atas transmisi data langsung komputer-ke-komputer dalam suatu format struktur yang dapat dibaca oleh mesin. Ketika jasa yang menjalankan dan mengelola jalur komunikasi (yang kadang disebut sirkuit) diberikan selain jalur itu sendiri, disebut sebagai jaringan bernilai tambah(value added network—VAN). Vendor yang memberikan VAN juga memberikan keahlian yang berhubungan dengan jalur.
EDI adalah implementasi dominan dari suatu IOS. Lebih dari
dua pertiga E-commerce dilaksanakan
dengan menggunaan EDI, jika dibandingkan dengan alternatif-alternatif lainnya.
Ekstranet
Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitive denga perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya di hubungkan dengan internet. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat per hatian yang serius, sehingga ekstranet biasanya diamankan di balik suatu firewall.
Ekstranet
Ekstranet (extranets) adalah cara lain dari membuat suatu IOS. Cara ini memungkinkan dibaginya informasi berbasis komputer yang sensitive denga perusahaan lain dengan menggunakan teknologi informasi yang pada umumnya di hubungkan dengan internet. Perusahaan menggunakan ekstranet melalui kolaborasi dengan pemasok-pemasok dan pelanggan-pelanggan besar yang telah dipercaya. Keamanan dan privasi mendapat per hatian yang serius, sehingga ekstranet biasanya diamankan di balik suatu firewall.
Biasa peralatan untuk membuat EDI bisa menjadi lebih besar
daripada yang perusahaan bersedia untuk membayarkan. Bagi perusahaan yang
menginginkan biaya rendah dan masih memiliki kecepatan internet, ekstranet
dapat menjadi solusi yang tepat.
Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif dan Reaktif
Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalam cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi didalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespons dengan cara yang reaktif,menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Sekutu-sekutu Bisnis Proaktif dan Reaktif
Ketika sebuah perusahaan memutuskan untuk menerapkan IOS, perusahaan tersebut dapat melakukannya dalam cara proaktif atau reaktif. Sponsor IOS pada umumnya mengambil pendekatan proaktif, merangsang minat akan IOS dan mendorong partisipasi didalam jaringan. Para partisipan pada umumnya merespons dengan cara yang reaktif,menerima atau menolak penawaran sponsor untuk menerapkan IOS.
Biasanya, produsen mengambil pendekatan proaktif, dan para
pemasoknya dipaksa untuk bereaksi dengan menerapkan sistem EDI atau kehilangan
pelanggan.
Pengaruh Penerapan
Pada suatu artikel Decision Sciences dua profesor SIM G.Premkumar dan K.Ramamurthy mempelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan suatu IOS. Mereka mengidentifikasikan empat faktor yang menetukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.
Manfaat-manfaat Tidak Langsung IOS
Misalnya adalah:
Pengaruh Penerapan
Pada suatu artikel Decision Sciences dua profesor SIM G.Premkumar dan K.Ramamurthy mempelajari faktor-faktor yang dapat mempengaruhi keputusan untuk menerapkan suatu IOS. Mereka mengidentifikasikan empat faktor yang menetukan apakah perusahaan akan mengambil langkah proaktif atau reaktif.
Manfaat-manfaat Tidak Langsung IOS
Misalnya adalah:
-
Mengurangi kesalahan
-
Menurunkan biaya
-
Meningkatnya efisiensi operasional
-
Meningkatnya kkemampuan bersaing
-
Memperbaiki hubungan dengan sekutu dagang
-
Memperbaiki layanan pelanggan.
STRATEGI B2C UNTUK E-COMMERCE
Nilai
uang e-commerce B2B membuat nilai
uang e-commerce B2B terlihat begituh
kecil. Hanya sekitar 6 persen dari nilai e-commerce
dihasilkan oleh B2B. Jadi,mengapa memahami strategi bisnis untuk e-commerce B2B menjadi begituh penting ?
2
alasan adalah semakin banyaknya jumlah produk dan jasa yang tersedia untuk
pengiriman digital dan semakin banyaknya pelanggan yang mampu mengatasi
keengganan mereka untuk melakukan pembelian menggunakan Web. Kecepatan
komunikas yang lebih cepat bagi komputer-komputer rumahan juga telah membuat
pengiriman produk-produk digital menjadi lebih praktis.
Produk-produk Digital
Beberapa produk dan jasa tertentu dapat dikirimkan kepada
pelanggan melalui internet. Dunia hiburan pun telaah menjdai salah satu produk
awal yang mengambik manfaat dari
internet. Lagu, album, fikm dan produk serupa dapat di beli di situs-situs web
seperti Sony.(www.sony.com), atau Lending tree (www.lendingtree.com) yang memingkinkan para pengguna mendapatkan hipotek dan
melakukan pendanaan kembali rumah mereka melalui internet.
Suatu perbedaan utama antara pembelian produk-produk digital
dengan produk-produk fisik melalui fisik melalui Web adalah bahwa produk
digital dapat digunakan begitu selesai di-download. Perbedaan lainnya adalah
bahwa produk itu sendiri akan berpindah ke aset
pembelinya.
Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui Web; sebagai gantinya,harus dikirimkan ke pelanggan perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan “catalog” telah menghadapi masalah ini selama bertahun-tahu. pesanan penjualan dapat diambil alih oleh Web, tapi pengiriman tetap harus dilakukan.
.
Penjualan Maya Versus Campuran
Penjualan maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik. Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs Web dimana pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini perlu menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran pelanggan dan menghasilkan pengiriman produk.
Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce. Satu contohnya adalah Polk Country di Florida. Kantor Pajak Polk County menggunakan layanan online melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005.
Produk-produk Fisik
Barang-barang fisik tidak dapat dikonsumsi melalui Web; sebagai gantinya,harus dikirimkan ke pelanggan perusahaan-perusahaan yang disebut perusahaan “catalog” telah menghadapi masalah ini selama bertahun-tahu. pesanan penjualan dapat diambil alih oleh Web, tapi pengiriman tetap harus dilakukan.
.
Penjualan Maya Versus Campuran
Penjualan maya (virtual sales) adalah penjualan yang dilakukan oleh sebuah perusahaan yang tidak mengoperasikan tempat berjualan fisik. Penjualan campuran (hybrid sales) terjadi ketika perusahaan memiliki tempat berjualan secara fisik dan situs Web dimana pelanggan dapat membeli produk. Kedua strategi penjualan eceran ini perlu menginformasikan biaya dan fitur produk kepada pelanggan, mengatur pembayaran pelanggan dan menghasilkan pengiriman produk.
Pemerintahan Elektronik
Pemerintahan juga dapat mengambil manfaat dari e-commerce. Satu contohnya adalah Polk Country di Florida. Kantor Pajak Polk County menggunakan layanan online melelang sertifikat pajak bumi dan bangunan pada tahun 2005.
LANGKAH E-COMMERCE
BERIKUTNYA
Tantangan
bagi e-commerce lebih dari sekedar
jenis barang yang ditawarkan; dimana hal itu adalah teknologi di balik
perdagangan.
Perdagangan bergerak
Perdagangan bergerak (mobile
commerce atau m-commerce) adalah penggunaan telepon seluler dan
asisten digital pribadi (personal digital
assistant—PDA) untuk melakukan e-commerce
nirkabel. Seiring dengan berkembangnya teknologi telepon seluler dari generasi
analog menjadi generasi digital, istilah telekomunikasi generasi ketiga (third generation—3G) telah secara longgar
dipergunakan untuk teknologi-teknologi nirkabel yang mampu memindahkan data.
Nirkabel Berkelas Bisnis di Semuah
Tempat
Hot spot Internet nirkabel cukup memadai untuk penggunaan
Web umum maupun pribadi, namun memeriksa e-mail di sebuah kedai kopi Strabucks
adalah suatu cara yang kurang memadai bagi profesional bisnis. Hot spot
biasanya diciptakan dengan menggunakan suatu koneksi kabel (untuk kecepatan
komunikasinya yang tinggi) dan kemudian dipancarkan melalui sebuah poin akses
nirkabel ke suatu wilayah yang kurang lebih berjarak 100 meter dari poin akses
tersebut. Komunikasi nirkabel yang kecepatannya cukup memadai melalui penyedia
jasa komunikasi yang sama dengan telepon selular akan memungkinkan terciptanya
komputasi nirkabel berkelas bisnis hampir di semua tempat.
MENGGUNAKAN INTERNET
Awal
mula Internet dapat ditarik balik hingga tahun 1969, ketika pemerintah AS
membuat suatu jaringan yang disebut ARPANET. ARPANET menunjukkan bahwa
pemerintahan dan penerimaan data oleh seseorang melalui suatu jaringan yang
kompleks yang melibatkan banyak komputer dan koneksi jaringan adalah suatu hal
yang memungkinkan untuk dilakukan.
World Wide Web
Ide ini menjadi kenyataan pada pertengahan tahun 1992 dalam
bentuk World Wide Web. Ia juga memungkinkan dikirimkannya
hypermedia—multimedia yang terdiri atas teks,grafik audio,dan video—melalui
World Wide Web. World Wide Web,yang disebut pula sebagai Web dan WWW,adalah
informasi yang dapat diakses melalui internet dimana dokumen-dokumen hypermedia
(file-file komputer)disimpan dan kemudian diambil dengan cara-cara yang
menggunakan metode penentuan alamat yang unik. Istilah internet da world Wide
Web sering kali digunakan layaknya keduanya memiliki arti yang sama.
CYBERSPACE DAN SUPERHINGHWAY INFORMASI
Dua
istilah lain yang juga dikaikan dengan Internet dan Web— cyberspace dan
superbigbway (jalan bebas hambatan super)informasi. Istilah cyberspace
diperkenalkan ketika penulisan William Gibson menggunakan dalm bukunya
Neuromancer menggambarkan suatu masyarakat yang telah menjadi budak teknologi.
Kini ,cyberspace berarti dunia Internet dan World Wide Web. Istilah
superhinghway informasi digunakan dalam konteks yang sama, tetapi tidak ada
suatu kesepakatan penih mengenai dampak akhirnya pada masyarakat.
Standar Internet
Salah satu alasan utama mengapa Internet dan Web telah
diterima dengan tangan terbuka oleh para pengguna komputer diseluruh dunia
adalah karena keduanya bekerja sama sebagai suatu sistem tunggal yang dapat
digunakan dari platform komputer apa pun. Sistem Internet secara
komersial dan telah mendelegasikan tanggung jawab mengenai
standar-standar Internet kepada Internet Engineering task force — IETF.
APLIKASI BISNIS INTERNET
Internet
dapat digunakan untuk setiap aplikasi bisnis yang melibatkan komunikasi data, termasuk
komunikasi didalam perusahaan maupun dengan lingkungan. Berbeda dengan jaringan
standar, internet dapat digunakan oleh semua jenis platform komputer tanpa
harus melakukan upaya khusus.
Pertumbuhan
jumlah situs interney yang fenomenal sekarang ini menjadikan internet sebagai
sumber informasi yag tidak dapat diabaikan. Semua area perusahaan dapat
menggunakan internet, tetapi suatu area yang penting adalah manajemen rantai
pasokan.
E-commerce dan Manajemen Rantai Pasokan Rumah Sakit
Perawat kesehatan terutama berhubungan dengan perbaikan
kesehatan akhir pasien dan melayani kebutuhan pasien. Setiap dolar perawatan
kesehatan yang dikeluarkan untuk memesan persediaan medis dan berinteraksi
dengan vendor adalah dolar yang tidak akan dikeluarkan untuk perawatan pasien
secara langsung.
Aplikasi Ritel
Aplikasi bisnis Web yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian besar rantai ritel besar telah hadir di Web. Banyak peritel yang membuat home page mereka yang dapat secara langsung diakses melalui Web. Beberapa yang lainnya memilih untuk bergabung dengan toko-toko lain di suatu situs gabungan yang di sebut mal maya (Virtual mall) dengan harapan bahwa satu nama mal akan lebih mudah dikenali dan ditemukan daripada nama toko mereka masing-masing.
Aplikasi Ritel
Aplikasi bisnis Web yang paling dikenal masyarakat umum adalah ritel. Sebagian besar rantai ritel besar telah hadir di Web. Banyak peritel yang membuat home page mereka yang dapat secara langsung diakses melalui Web. Beberapa yang lainnya memilih untuk bergabung dengan toko-toko lain di suatu situs gabungan yang di sebut mal maya (Virtual mall) dengan harapan bahwa satu nama mal akan lebih mudah dikenali dan ditemukan daripada nama toko mereka masing-masing.
SARAN-SARAN KEBERHASILAN PENGGUNAAN INTERNET
Meskipun
Web masih berusia relatif muda, perusahaan-perusahaan telah mengidentifikasikan
beberapa kunci untuk keberhasilan. Hal
itu adalah sebagai berikut:
-
Pastikan situs web anda kuat
-
Pastikan browser
dan struktur basis data anda fleksibel maupun intuitif
-
Menekankan pada isi
-
Sering diperbarui
-
Melihat di luar pelanggan
-
Tujukan isi pada kebutuhan spesifik pengguna
-
Menjadikan interneet intuitif
-
Berada di lokasi web yang tepat
-
Ciptakan rasa kebersamaan
-
Carilah bantuan jika dibutuhkan
DAMPAK INTERNET PADA BISNIS DI MASA MENDATANG
Para
pengguna Internet adalah suatu kelompok yang beragam. Banyak yang masih berusia
muda, namun yang berusia lebih tua (dengan lebih banyak penghasilan untuk
kebelanjakan) memiliki dampak yang substansial pada ramalan ekonomi e-commerce.
e-commerce sedang mengalami perkembangan baik itu di AS maupun seluruh
dunia. Jumlah e-commerce yang luar
biasa terjadi antar bisnis. E-commerce
B2B memang nampaknya tidak berdampak
pada pelanggan, tetapi harga yang lebih rendah dan laayanan pelanggan
yang lebih baik menjadi mungkin terjadi dan inilah hal yang membuat organisasi
bisnis menjadi kompetitif.
sumber: Sistem Informasi Manajemen
Raymond McLeod edisi 10
0 komentar: